[- We are The Jak One We are The Jak One -]
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KPPN JAKARTA I

Urgensi RPD

Hingga saat ini masih banyak Kementerian Lembaga yang kurang menyadari pentingnya RPD. Dibawah ini sedikit diulas secara sederhana kenapa harus RPD?


Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebagai alat untuk mendukung strategi pembangunan nasional yaitu meningkatkan
pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan memperbaiki kesejahteraan rakyat dapat berjalan efektif apabila didukung oleh penyerapan anggaran yang baik.

Namun demikian, sampai saat ini penyerapan anggaran masih memiliki pola yang cenderung menumpuk di akhir tahun anggaran, dimana realisasi anggaran rendah sampai dengan triwulan ketiga, namun meningkat tajam pada triwulan keempat. Kondisi tersebut disebabkan Kementerian Negara/Lembaga masih belum optimal dalam menyusun rencana pelaksanaan kegiatan yang dituangkan dalam rencana penarikan dana, dan rencana penerimaan dana termasuk dalam pengawasan implementasinya.

Pelaksanaan kegiatan yang dilakukan sesuai rencana akan berdampak pada terbentuknya pola penyerapan yang teratur, sehingga dapat memberikan kepastian waktu dan jumlah penarikan dana dalam rangka penyusunan perencanaan kas yang baik oleh Menteri Keuangan selaku Bendahara Umum Negara. Hal tersebut dapat mendukung pelaksanaan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi yang merata, serta dapat dimanfaatkan sebagai bahan monitoring dan evaluasi atas pelaksanaan suatu kegiatan untuk kemudian dijadikan sebagai bahan perbaikan tahapan pelaksanaan berikutnya.

Semoga semakin banyak sahabat-sahabat satuan kerja yang semakin disiplin dalam menyampaikan Rencana Penarikan Dana.